Home EKONOMI IPI: Mafia Migas Bukan Hanya PETRAL

IPI: Mafia Migas Bukan Hanya PETRAL

0
Foto : istimewa

 

Analis Politik IPI, Karyono WIbowo, Foto : Ist
Analis Politik IPI, Karyono WIbowo, Foto : Ist

POROSNEWS.COM – Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan bahwa harapan masyarakat kini bertumpu kepada Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil presiden terpilih.
Masyarakat rindu akan keberanian Jokowi-JK untuk memberantas mafia migas dan tentunya rakyat akan menagih janji-janji Jokowi-JK dalam menegakkan kedaulatan energi.

“Jika gagal, maka tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap kabinet pemerintahannya, maka itu harus dibuktikan,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu, (14/9).

Sisi lain, kata dia, kedaulatan energi yang terhalang oleh mafia migas itu berbeturan dengan peraturan pelaksaan bidang energi yang masih tumpang tindih dan tak ada titik temu.

“Peraturan tersebut justru menyuburkan mafia energi, khususnya sektor migas, mereka seolah justrus berlindung di balik peraturan itu,”terangnya.

Masih kata Karyono bahwa mafia migas itu bukan hanya PETRAL, melainkan sudah mengakar di sektor hulu sampai hilir. Sektor hulu migas justru lebih besar tingkat kebocoran.
“Maka diperlukan perubahan radikal sistem pengelolaan energi,” ujarnya.

Kebocoran di sektor migas, sambungnya, terjadi karena  peraturan pelaksana (Permen ESDM) yang bertentangan dengan semangat peraturan preseiden (Perpres) no 15 tahun 2012.

“Akibatnya memberikan peluang terjadinya kejahatan kebocoran penyalurab BBM bersubsidi yang merugikan negara triliunan rupiah,”tandasnya. (RK)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.