Home Nasional Iwan Ratman Kandidat Terkuat Menteri ESDM

Iwan Ratman Kandidat Terkuat Menteri ESDM

0
Pakar Perminyakan, Iwan Ratman/IST

 

Pakar Perminyakan, Iwan Ratman/IST
Pakar Perminyakan, Iwan Ratman/IST

Jakarta, PorosNews.Com – Kemunculan nama Iwan Ratman menggegerkan pemberitaan media masa belakangan ini. Ia disebut-sebut sebagai kandidat terkuat dalam bursa calon menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di kabinet Jokowi-JK.  Dikutip dari sinarpagi.net Jumat, (10/10) nama Iwan Ratman dipandang mumpuni serta memiliki track record yang luas di bidang energi dan memiliki pemikiran yang sangat nasionalis.

Pos Menteri ESDM kini tengah menjadi salah satu sorotan publik lantaran dua kali kabinet rezim SBY telah gagal menempatkan menteri yang sesuai dengan bidangnya. Bahkan dua kali berganti, pos itu malah terseret dalam kubangan kasus hukum yang tak diharapkan rakyat. Sebut saja Darwin Zaidi Saleh dan Jero Wacik.

Sontak, Iwan pun menanggapi kabar tersebut. Dikutip dari Geoenergi.co, berikut Komentarnya:

“Jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merupakan hak prerogatif presiden. Karenanya siapa pun yang diberi amanah untuk menyandangnya, tidak boleh lari dari kepercayaan yang sudah diberikan.”

“Saya akan melakukan 7 Program Revolusi Energi Indonesia agar bangsa ini terhindar dari krisis energi serta dapat mencapai kedaulatan energi. Program tersebut pertama, solusi tanpa menaikkan harga BBM bersubsidi pada awal pemerintahan serta program pengurangan konsumsi BBM bersubsidi secara bertahap dan konsisten. Kedua, program pengembangan energi baru dan terbarukan guna mencapai proporsi 17 % dalam bauran energi. Ketiga, program peningkatan produksi migas nasional. Keempat, program pemberantasan mafia migas. Kelima, program menjadikan Pertamina sebagai World Class Energy Company. Keenam, program penyediaan tenaga listrik nasional dan ketujuh program peningkatan nilai tambah produk tambang,” urainya di Jakarta, Jumat, (10/10).

Beberapa pemberitaan menyebut, mayoritas publik memilih Iwan karena dianggap memiliki segudang rekam jejak (track record) dan pemikiran-pemikirannya yang  nasionalis. Ia bercita-cita agar industri migas dan Sumber Daya Alam (SDA) di negeri ini bisa dikelola dengan baik dan dikuasai oleh bangsa Indonesia sendiri.

Iwan sendiri tergolong dalam kalangan profesional murni dengan usia 47 tahun masih muda dan energik, berpengalaman kerja di perusahaan migas nasional Pertamina serta perusahaan asing (Gulf dan Conocophillips), baik di dalam dan luar negeri seperti di Shell Brunei dan Amsterdam serta Total Internationale Paris Perancis).

Kini, Iwan berkecimpung di birokrasi BP Migas, sekarang  SKK Migas. Namun yang jelas, kata Iwan, pos menteri ESDM harus diisi oleh pribadi yang mencintai Indonesia secara total dan bukan semata jabatan politis.

“Nasionalis, pemberani, berada selalu dalam denyut nadi rakyat, doktor di bidangnya, kemampuan teknis di atas rata-rata, pengalaman kerja paripurna dari sektor hulu sampai hilir migas, kredibilitas dan integritasnya diakui di dalam dan luar negeri, punya komitmen untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat di bidang energi melalui revolusi energi, dan mampu membawakan bangsa ini terhindar dari kriris energi,” urainya. (RK)

Sumber: Geoenergi.co, Sinarpagi.net

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.