Home Nasional Daerah 13 Hal Analisis Marzuki Ali Soal Agus Yudhoyono

13 Hal Analisis Marzuki Ali Soal Agus Yudhoyono

0

Analisis Marzuki Ali;

Walau saya tdk di politik praktis lagi, saya punya pandangan atas majunya agus yudhoyono, sbb :

1. SBY ahli strategi, itu diakui oleh banyak pihak termasuk dari TNI. Pendapat itu banyak juga saya dengar dari senior2 SBY atau yang satu angkatan.

2. Tidak mungkin sby akan mengorbankan anaknya utk kompetisi tanpa perhitungan yang matang. Beliau selalu mempergunakan survey yang kredibel utk memutuskan sesuatu yang terkait dg issue publik.

3. Hasil survey jelas, elektabilitas ahok semakin menurun, trend menurun ini bahaya, kalau tdk ada sesuatu yang luar biasa tidak mungkin trend itu bisa direbound. Ditambah lagi organisasi anti ahok semakin berkembang, sudah sangat massive dari kampung ke kampung, itu semua pasti dalam pantauan sby.

4. Belum ada calon lawan ahok yang secara signifikan bisa mjd musuh seimbang bagi ahok. Semuanya ada masalah, ada kampanye yg dominan soal sara, itu tdk disukai publik, walau sah saja krn sifatnya dakwah dan ada juga ada persoalan hukum yang tdk clear.

5. Artinya ada peluang, ada momentum yang bisa dimasuki sby, utk memenuhi ambisinya melanjutkan kekuasaan kepada putra yang memang sudah disiapkan.
Yang jelas, agus tdk banyak peluang berkarir di TNI krn tdk ada dalam lingkaran kekuasaan lagi.

6. SBY ahli dalam pencitraan, Suhunya = Guru pencitraan di Indonesia adalah sby, yang dicontoh dg baik oleh Jokowi mulai Pilkada sampai Pilpres.
Saya ingat kalimat sby, politik itu citra.

7. Ada referensi, DKI belum ada pejabat atau partai yang menang 2 kali era demokrasi. Pemilih di jakarta sangat cair dan mudah berpindah, begitu tdk puas langsung pindah.

8. Bu slilvy, pasangan Agus juga bukan sembarang orang, punya track record yang mumpuni sebagai birokrat, pendidikan tinggi dan berpengalaman yang bisa mendukung Agus utk cepat menguasai masalah DKI. Citra bu silvy bisa menarik kaum muda perempuan profesional dan terdidik.

9. Ada referensi kedua, saat pilpres 2004, sby msh dibawah 10%, bu mega sdh hampir 40%, namun trend bu Mega yang menurun, dimanfaatkan sby Utk maju dan berkompetisi

10. Ada 3 calon, agus akan masuk putaran 2, disitulah pertempuran head to head agus dan ahok, agus menang

11. SBY punya keahlian utk mengkapitalisasi semua kelemahan lawan dan kekuatan dirinya. Beliau masih punya kekuatan yg tdk terlihat, juga dekat dg kelompok etnis dan konglomerat, artinya mereka tdk all out mendukung ahok, pasti merasa tidak enak hati.

12. Klo ahok tdk merubah strategi, maka ahok akan tergusur. Agus menang dan disiapkan akan running di 2019. Capres termuda, mengikuti jejak Obama, spt yang dirintis AU, tp kurang mdpt dukungan yang kuat shg tergusur.

13. Alt terburuk, agus akan memimpin partai, klo kalah di dki. Itu semua sdh dihitung oleh sby.
Tidak ada yang kalah dalam perhitungan SBY. Orang hebat karena punya 1001 alternatif.

Wallahua’lam MA

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.