Home Nasional DMC Dompet Dhuafa Distribusi Bantuan  ke Pengungsian Apung Sumbawa

DMC Dompet Dhuafa Distribusi Bantuan  ke Pengungsian Apung Sumbawa

0
POROSNEWS.COM – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengirimkan bantuan serta pemberian logistik bagi para pengungsi di wilayah Sumbawa yang terdampak parah dari bencana tersebut. Dengan menempuh jarak yang cukup jauh dari Lombok, tim DMC Dompet Dhuafa berkoordinasi dengan BNPB setempat untuk menelusur wilayah perairan mengingat ada beberapa pengungsi yang berada di kapal nelayan atau pengungsian apung. (Senin, 27/08)
” Kami akan selalu mengerahkan Tim Disaster Management Center ( DMC ) Dompet Dhuafa untuk mengevakuasi para korban gempa susulan yang terjadi. Pos layanan akan kami dirikan untuk menampung para pengungsi. Selain melakukan pendistribusian logistik, Dompet Dhuafa berencana membangun fasilitas darurat untuk menunjang kehidupan masyarakat pasca bencana terjadi, ” ucap drg. Imam Rulyawan, MARS., sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa.
Dampak gempa tersebut mengakibatkan banyak rumah yang terbakar akibat  konsleting listrik dan  menghanguskan 16 rumah dari 30 kk dari 121 jiwa. Untuk di Pos Pengungsian Labuhan Mapin, Kec. Alas Barat terdapat kurang lebih 69 Kepala Keluarga (KK) dengan 338 Jiwa.  Tim DMC Dompet Dhuafa mendistribusi bahan logistik seperti  beras, hygiene kit, baby kit, terpal, air mineral untuk  Di wilayah Pulau Bungin (Pengungsian Apung), Kec. Alas dan Labuan Mapin Kec. Alas Barat.
Sumbawa Besar mengalami dampak yang cukup parah selain wilayah Lombok, Gempa yang terjadi secara beruntun dengan bermagnitudo 6,9 SR mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya pada Minggu lalu (19/8) pukul 19.56 Wita menyebabkan 10 orang meninggal dunia dari jumlah itu, lima di antaranya berasal dari Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat.
“Dompet Dhuafa telah menurunkan tim  Disaster Management Center ( DMC ) untuk membuka layanan Pos di titik pengungsian antara lain di Kec. Taliwang, wilayah Seteluk, poto tano. Kab. Sumbawa barat dan wilayah Alas Barat, Alas Buir. Kab. Sumbawa. Sementara itu, Kabupaten Sumbawa Barat  dan Sumbawa Besar masuk dalam wilayah terdampak parah. Tim Respon Dompet Dhuafa  menyediakan  sejumlah penanganan seperti pos sehat, aksi layan sehat, pos hangat, aksi layan sehat, Dapur umum, Pembangunan Masjid , sekolah darurat, pengadaan MCK, menurunkan tim PFA (Psychology First Aid), dan menyediakan bantuan air bersih untuk para korban gempa”, tutup drg. Imam Rulyawan, MARS.
Untuk info lebih lanjut mengenai situasi terkini, bisa menghubungi Eka Suwandi (+62 877-7166-5816) sebagai Komandan Lapangan DMC Dompet Dhuafa.
Posko Media Centre Dompet Dhuafa Respon Gempa Lombok, Depan Kantor Bupati Lombok Utara, Jl. Raya Tanjung, Lombok Utara. NTB. Dhika Prabowo : 0812-1375-0430. Edy/prs

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.