Home Islam SAYA BANGGA MENJADI URANG SUNDA (Buat Machfud MD, Amin Mudzakir dan...

SAYA BANGGA MENJADI URANG SUNDA (Buat Machfud MD, Amin Mudzakir dan yang semacamnya)

0

Hanya karena persoalan pilpres setidaknya sudah dua orang yang membuat pernyataan tidak akurat tentang orang Sunda. Pertama, Amin Mudzakir peneliti LIPI dan yang terakhir Machfud MD. Penyebabnya adalah karena mayoritas orang Sunda tidak memilih capres 01. Yang lainnya bisa disebutkan juga disini, yaitu KPU yang mengabaikan input data pemilu dari Jawa Barat sehingga capaiannya sangat minim dibanding propinsi lain.

Sangat keliru menilai orang Sunda sebagai muslim garis keras karena karakter kami adalah terbuka dan lemah lembut. Orang Sunda terkenal berbicara lembut namun tidak berbelit-belit serta hangat dan sopan bahkan humoris. Karakter ini jelas tergambar dalam berbagai ikon budaya seperti dalam sastra, seni suara dan pementasan peran.

Namun jika sebutan keras adalah soal keteguhan kami memegang prinsip , harga diri dan keimanan maka kami memiliki hal itu dengan rasa bangga. Sebutlah dalam perang Bubat tahun 1357 dimana kami ditipu untuk tunduk padahal perjanjian awalnya adalah sebuah penyambungan kekeluargaan. Kami bersedia mati sampai musnah daripada harus mengalahkan prinsip.

Sebutlah pasukan rakyat Siliwangi yang paling ditakuti di tanah air yang rela eksodus ke Yogyakarta dengan berjalan kaki demi membela negeri dan sebelumnya bahkan rumah kami pun kami musnahkan pada Maret 1946 dengan Bandung Lautan Api agar para penjajah segera bisa kami enyahkan.

Seorang senior kami, Bapak Amir Rajab Batubara seorang Batak yang lama tinggal di tanah Pasundan pernah mengatakan begini : “Banyak orang keliru terhadap orang Sunda, mereka mengira Sunda itu lemah padahal dalam soal prinsip sebetunya lebih keras dibanding orang Batak sekalipun”.

Kami bangga disebut garis keras, dalam makna orang Sunda memang tidak mudah ditaklukkan amplop maupun pencitraan.

caption : Dipati Ukur

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.