Home DUNIA Sibuk Mencari lokasi Ibu Kota, Bukit Soeharto Bisa Jadi Ibukota

Sibuk Mencari lokasi Ibu Kota, Bukit Soeharto Bisa Jadi Ibukota

0
Foto: Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama menteri-menteri terkait tengah sibuk mencari lokasi yang pas untuk menjadi ibu kota baru Indonesia. Salah satu kandidat kuatnya adalah wilayah di Kalimantan, baik Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. 

Di Kalimantan Timur, Jokowi melirik Bukit Soeharto. Tapi sayangnya ada fakta terbaru di mana Bukit Soeharto tak bisa dibangun. Kenapa?

“Kebetulan kami memanfaatkan jalan tol yang beroperasi akhir tahun ini di Bukit Soeharto. Bukit Soeharto adalah hutan lindung yang tak boleh diganggu,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Senin (13/5/2019)

Menurut Bambang, pemerintah tak bisa mengorbankan hutan lindung. Komitmen pemerintah adalah tetap melestarikan hutan lindung.

“Kita sepakat, harus ada restorasi dan dikembalikan pada fungsinya. Saat ini sudah ada kebun sawit dan sebagainya, sebagai tata ruang kita yang tidak boleh diganggu,” paparnya.

Menurut Bambang, calon Ibu Kota nantinya yang memang kondisi infrastruktur pendukungnya sudah lumayan lengkap. Ini, sambung Bambang, sebagai bentuk efisiensi pembiayaan. 

“Tanpa perlu membangun pelabuhan, bandara, jalan, yang masif. Kita ingin memanfaatkan yang sudah ada, tapi bukan di kota yang sudah ada misalnya Palangkaraya tapi kota yang baru,” tegas Bambang. |CBNC

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.