Home EKONOMI Infrastruktur JOKOWI HANYA OMDO TENTANG IBU KOTA BARU

JOKOWI HANYA OMDO TENTANG IBU KOTA BARU

1


by Tarmidzi Yusuf

  1. Keputusan sepihak Jokowi pada tanggal 26 Agustus 2019 mengumumkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur adalah perbuatan melawan hukum.
  2. UU No 29 tahun 2007 menetapkan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Republik Indonesia masih berlaku.
  3. Keputusan pemindahan ibu kota negara oleh Jokowi tidak melalui kajian ilmiah dan komprehensif.
  4. Hasil survey Indonesia Development Monitoring (IDM) bahwa hampir semua ASN atau PNS menolak rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan. Sebanyak 94,7 persen ASN menyatakan menolak jika Ibukota dan pusat pemerintahan dipindah ke Kalimantan.
  5. Anggaran pindah ibu kota tidak ada alias nihil. Anggaran pindah ibu kota Rp 466 triliun dari jual aset dan kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) alias utang.
  6. Jokowi mengurus negara tidak mengikuti tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas sebagai unsur utama tidak dijalankan.
  7. Defisit anggaran sudah melampaui diatas 1% Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu Rp 183,7 triliun disebabkan penerimaan negara jeblok. Penerimaan negara per 31 Juli 2019 hanya Rp 1.052,8 triliun. Sedangkan belanja negara melonjak tajam Rp 1.236,5 triliun. Sementara utang Pemerintah melonjak hingga tembus Rp 4.603 triliun.
  8. Rakyat curiga Jokowi punya agenda besar tersembunyi dibalik isu black out PLN, kerusuhan Papua dan pengumuman lokasi ibu kota baru.

Bandung, 27 Dzulhijjah 1440/28 Agustus 2019.

Komentar Anda

1 COMMENT

  1. Melawan hukum dan tdk sesuai UU, lah terus kemana penegak hukum dan pengamalan UU, bukan kah negara ini negara Hukum dan bukan negara Kekuasaan ?
    Mendiamkan pelanggaran hukum dan UU…apa itu namanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.