Home Nasional Daerah Membaca Konstelasi Pilkada Tangsel Tua Muda Bertarung, Siapa yang Menang?

Membaca Konstelasi Pilkada Tangsel Tua Muda Bertarung, Siapa yang Menang?

0
Ikon Pilkada Tangsel /ist

Bahwa demokrasi adalah proses tanpa akhir. Setuju tidak setuju hal ini meyakinkan kita pada  sebuah kondisi bahwa kita tak pernah tahu berwujud demokrasi yang tuntas dan selesainya.

Titik perjalannya demokrasi adalah digiringnya pada tatanan sikap dan pilihan yang terbuka dan langsung di “bebankan” pada rakyat melalui simbol dari pilihan itu ada dalam pesta demokrasi  yaitu lewat partai yang mewakili para pemimpin.

Sikap terbuka ini dianggap  satu langkah dari bagian demokrasi, dan prosesnya adalah menentukan apa yang disebut keyakinan bahwa yang mewakili partai dan berakhir pada pola pilihan merupakan sebuah politik demokratisasi.

Sejalan dengan itu dalam  pesta demokrasi dalam Pilkada di Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 ini masuk dalam pilkada serentak 2020 ada 270 daerah 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota di Indonesia. Melihat ini di Tangsel nampaknya makin memanas dan bursa bermunculan. Ada partai yang cepat dan ingin majukan calon dulu dan ada juga yang slow  serta juga ada yang sangat hati-hati dan membaca siapa lawannya dan umumnya partai ini Last minute  alias menentukan pada detik-detik akhir pilihannya.

Pilkada Tangsel

Ada siapa saja di Tangsel? Waktu awal nama bursa yang masuk menarik, ada nama Abraham Samad, ada Istri Sandiaga Uno Mpok Asia Uno. Namun kini nama ini kabarnya tak jadi maju. Muncul juga nama Wakil Walikota Benyamin, Ada Sekda Tangsel Muhammad lalu ada anak dari Wapres RI Siti Nur Azizah Maruf, yang menarik disebut-sebut ada nama putri mantan Gubernur Ratu Atut yang kesandung KPK itu Andiara Aprilia yang saat ini adalah anggota DPD RI asal Banten, nama lain ada Rizal Bawazier yang muncul sebagai sosok baru ini pengusaha muda sukses yang mulai ramai jadi pembicaraan. Nama Ade Irawan tokoh LSM mantan ICW dan memang sebelumnya sejumlah nama muncul banyak ada politikus dan tokoh masyarakat. Ada nama generasi tua ada juga sosok muda. Mana yang kuat dan menang?

Waktu bergulir makin menukik jumlah makin mengerucut Pilkada Tangsel 23 September 2020 ini akan menarik. Semua tak menutup kemungkinan nama yang mulai redup kelak akan muncul kembali di bursa wakil walikota.

Kepastian yang jelas jika kita lihat partai-partai yang nanti akan koalisi mana saja dan siap-siap saja akan ketahuan saat daftar di KPUD Tangsel nanti. |RNZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.