Home EKONOMI Bisnis KATA SIAPA INDONESIA NGGAK BERANI MELAWAN HAGEMONI AMERIKA

KATA SIAPA INDONESIA NGGAK BERANI MELAWAN HAGEMONI AMERIKA

0

Corona adalah pandemi dunia bukan masalah indonesia saja. Maka setiap hari berita internasional menjadi santapan saya. Percakapan via WA dan zoom dengan beberapa teman di beberapa negara menjadi makanan harian.

Kunci suksesnya menaklukan corona setiap negara punya strategi sendiri sendiri. Yang pasti semakin cepat masuk pitstop, masuk rumah stay at home akan membuat cepat berkurangnya efek buruk corona.

China masuk pitstop lebih dulu, vietnam kemudian, singapura semua ini adalah negara negara yang duluan masuk pistop.

Ok sekarang berasumsi, katakan china saat ini sudah kuning di mana april pertengahan wuhan lock downnya di buka, hubei provinsii nya sudah di buka, dan shanghai beijing hijau di bulan mei.

Produksi mereka akan 100% lagi kah?

Menurut perkiraan para ekonomi paling top 50% karena china sebagai negara produsen dan supplyer market internasionalnya belum sembuh. Katakan amerika di mana pasar china ke amerika merupakan pasar terbesarnya.

Amerika bulan mei juni belum sembuh dari corona, perkiraan seperti yang di katakan Trump adalah oktober. Lalu corona di berbagai negara muncul tumbuh bergantian.

Singapura mungkin sama dengan china juni juli sudah aktif tetapi belum mebuka diri dengan internasional.

Misalnya indonesia puncaknya di bulan mei, sembuhnya kira kira september. China tidak akan dagang dengan indonesia seketika. Sampai sembuh di september. Jadi selama tahun 2020 setiap negara yang sudah menanglawan corona. Mereka aktif hanya 50% di mana yang di utamakan adalah domestic consumption.

Ekpor ataupun impor sangat selektif sekali. Mungkin untuk amannya hanya energi yang mereka import sisanya menggunakan substitusi produk dalam negeri masing masing negara.

Jadi perkiraan analys di CNN yang menjadi referensi saya, saya setujui.

Ini menjadi peluang di satu sisi menjadi ancaman disisi lainnya.

Seperti dalam tulisan dan video sebelum ini saya mengatakan GLOBAL ECONOMY cntrl – alt – del. Reset semua!!!!

You are on your own!! Masing masing negara urus masing masing negara dalam membangun ketahanan, pangan, ekonomi. Kalau kesehatan seluruh dunia gandengan tangan atas nama kemanusian.

Jadi inilah masa purifikasi, masa pemurnian. Anda pebisnis tetap jadi boy anak anak atau jadi A MAN.

Yang bergantung pada pinjaman dolar pasti njedag, yang punya hutang pasti njedag dan yang bergantung import pasti njedag sekarang sampai corona selesai plus corona seluruh dunia selesai. Yang kalau dari 150 negara, yang baru kena banyak, yang baru akan sembuh sedikit. Alias, sampai akhir 2020 atau pertengahan 2021 semua masih belum bisa lepas dari cengkraman ekonomi seperti dulu lagi.

Jauh, belum bisa cepat. 1 tahun paling cepat dunia recover bahkan ada pengamat yang mengatakan puncaknya tahun 2021 malahan resesi dunianya. jadi selama 2 tahunan kira kira kalau dari sekarang.

Disinilah masa peluang tercipta. Kita kuatkan dalam negerinya dalam sisi ekonominya, masing masing negara akan fokus di kebutuhan domestik. Dan indonesia harusnya menang.

Inilah yang saya katakan, indonesia lah yang akan menjadi pemenang di tahun 2030, nomor satu. Kita harus no box thinking.

Kita urai perlahan strateginya.

Gunakan MMT. Gelontorkan pendanaan ke UKM. Tidak pakai infrastruktu bank. Buat SKK, satuan kerja khusus. Kita sudah punya SKK migas , saya kemarin kemarin usulkan SKK minerba, sekarang kita buat SKK Keuangan.

Di bawah kementrian menseeneg, punya SKK satuan kerja khusus keuangan, yang menggunakan istrument distribusinya Bank BUMN. Selama di setujui oleh SKK keuangan.

Terbitkan rupiah biru. Saya sarankan bergambar pak Jokowi Makruf karena rupiah biru di cetak terbatas masa baktinya. Hanya 4 tahun. Utamakan hanya UKM yang tak ada barang baku impor dan untuk kebutuhan dalam negeri.

Ini ibarat kita jadi time zone. Masuk time zone uang kita di tuker chip. Chip hanya beredar di time zone. Rupiah biru tadi berlaku hanya di indonesia. Tidak boleh di tukar dengan curency asing. Terjadi penukaran dan ketahuan akan di penjara 5 tahun. Membawa uang ini keluar negari penjara 5 tahun.

Sudah mulai kebayang strategi ekonomi berbasis MMT? Berani kah kita melakukannya? Seleksinya bagaimana? Semua sudah kami silmuasikan dan sudah ada latar belakang keilmuannya. Sekedar urun solusi untuk Indonesia menang #peace

Mardigu WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.