Home Uncategorized POLITIK DINASTI LAMA DAN BARU BERTARUNG DI PILKADA TANGSEL..SIAPA BAKAL MENANG?

POLITIK DINASTI LAMA DAN BARU BERTARUNG DI PILKADA TANGSEL..SIAPA BAKAL MENANG?

0

OLEH AENDRA M. KARTADIPURA *)

Ingin tahu soal Dinasti yang bertarung di Tangerang Selatan (TANGSEL). Yuk kita bedah dulu kenapa Tangsel jadi rebutan. Begini ya…Tangsel ini elok. Kota yang secara demografi berada didekat Ibukota. Tangsel itu kota tumbuh. Kota yang akan berkembang, jika membangunnya dengan baik dan sunguh-sungguh.

Seorang Pengamat Politik kebangsaan Dr Tony Rosyid yang juga tinggal di Tangsel pernah menulis begini: 10 tahun Tangerang Selatan (Tangsel) dipimpin Airin Rachmi Diany. Wali Kota perempuan yang sangat populer setelah Ibu Risma, Wali Kota Surabaya. Pertama, Airin cantik. Maklum, mantan model. Kedua, wanita satu-satunya yang menjadi kepala daerah di daerah penyangga Ibu Kota Jakarta. Ketiga, kasus korupsi suaminya, Tubagus Chaeri Wardana, yang sempat heboh setelah ditangkap KPK. Tiga faktor ini menjadi pembeda dan sekaligus melambungkan nama Airin yang sebentar lagi habis masa jabatannya. Apakah sang walikota cantik ini akan melanjutkan karirnya dengan mencalonkan diri jadi gubernur Banten tahun 2024? Atau malah akan membidik jabatan menteri? Tak menutup kemungkinan.

Dibawah Airin, wajah Tangsel memang berubah sejak sepuluh tahun terakhir. Terutama pembangunan rumah sakit, Sekolah Dasar (SD) dan infrastruktur jalan yang sebagian sudah mulai dilebarin. Namun, sejauh ini, prestasi Airin sebagai walikota Tangsel tak begitu menonjol. Setidaknya menurut persepsi publik. Oleh rakyat dianggap biasa-biasa saja. Mungkin karena Airin tak berhasil membangun identitas dan image khusus bagi Tangsel sebagai kota yang berbeda dari yang lain. Kalau ditanya Tangsel itu kota apa? Orang hanya akan menjawab kota di selatan Jakarta. Beda dengan Jogja sebagai kota pendidikan. Batu sebagai kota wisata. Atau yang lain.

Tulisan itu menendang sebenarnya. Jika Tony bilang Tangsel yak menonjol, ya memang karena kota ini biasa saja. Bahkan cenderung orang tak tahu dimana itu Tangsel. Tony tak salah, dan identitas Tangsel selama 10 tahun dikenal hanya BSD dan Bintaro. Tapi identitas Tangse memang tak punya. Dari Tol JORR menuju BSD meletakan Tangsel saja tak bisa tahu. Yang ada hanya Pondok Aren. Padahal Tangsel itu Punya Bintaro, Pamulang bahkan pusat kampus yaitu Ciputat. Lemahnya membangun City Brand bagi tangsel 10 tahun terakhir ini memang berat. Airin yang dua periode sudah lelah mungkin. Tapi yang jelas Tangsel itu tidak dibangun oleh pemda namun kekuatan tangsel adal para pengembang yang melebarkan sejumlah wajah Tangsel yang ingin seorang seperti penyanga metroplitan. Dari tulisan Tony disebutkan ada raksasa-raksasa pengembang yang hadir disana. Sinarmas Land Group, PT. Sumarecon Agung tbk, PT. Alam Sutera Reality tbk, dan PT. Jaya Real Property tbk, sedang berbisnis besar-besaran di BSD dan Bintaro. Pembangunannya sudah relatif rapi sebelum pemekaran Tangerang dan sebelum Airin jadi Wali Kota. Sementara pembangunan infrastruktur jalan di luar BSD dan Bintaro seperti kecamatan Ciputat, Pamulang, Pondok Aren dan Setu, hampir tak ada yang tuntas. Bedanya dengan BSD dan Bintaro, ibarat kota metropolis berbanding kontras dengan empat kecamatan yang tampak jauh tertinggal, meski Airin sudah dua periode menjabat, tulis Tony.

Analisa Tony menarik dan sekaligus juga inilah yang membuat Tangsel menjadi pertarungan seksi di Pilkada 202. Kita tahu Tangsel masuk ke Banten Provinsinya, dulu tangsel adlaah Kabupaten Tangerang karena ada pemekaran maka berdiri sendiri.

SEJARAH

KOTA Tangerang Selatan, Banten, menyimpan banyak jejak sejarah yang berhubungan dengan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya di kota ini juga terdapat taman makam pahlawan (TMP), yang tak semua kota di Indonesia memilikinya, TMP Pahlawan Seribu. Di TMP ini dimakamkan lebih dari ratus pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan di daerah yang kini masuk wilayah Kota Tangerang Selatan.

Di kota ini pula untuk pertama kalinya didirikan tempat pendidikan militer di Indonesia, yang diberi nama Akademi Militer Tangerang (AMT), pada November 1945. Kadet atau peserta pendidikan AMT ada yang pernah bertempur dengan balatentara Jepang pada tahun 1946. Peristiwa pertempuran ini dikenal sebagai Peristiwa Lengkong, yang monumen peringatannya didirikan di kawasan perumahan Bumi Serpong Damai.

Di kawasan Lengkong ada kampung yang bernama Lengkong Kyai. Meski secara administratif masuk Kabupaten Tangerang, Kampung Lengkong Kyai sesungguhnya tak bisa dilepaskan dari wilayah Lengkong secara keseluruhan, yang sebagian besar kini masuk  Kota Tangerang Selatan. Sesuai namanya, Kampung Lengkong Kyai awalnya didirikan seorang ulama, sebagai bagian dari perlawanan terhadap penjajahan yang dilakukan Perusahaan Dagang Hindia Belanda (VOC).

Jadi, Kota Tangerang Selatan memang bukan “kota sembarangan”. Kontribusinya terhadap perjuangan kemerdekaan bangsa dan negara ini tak bisa dipandang sebelah mata atau diabaikan begitu saja. Karena itu, sudah sewajarnya dan selayaknya, Kota Tangerang Selatan dipimpin oleh yang memahami dan menghargai nilai-nilai kebersejarahan tersebut. Dengan demikian, program-program kerja yang akan dilaksanakan bukan hanya memandang jauh ke depan, tetapi juga tidak melupakan masa silam.

Pemimpin yang cocok di Tangsel itu harus yang berpandangan ke masa depan tanpa melupakan sejarahnya, tentulah seorang cerdik cendekia yang bukan hanya punya pengetahuan teoritis. Namun, dia punya pengalaman panjang dan menghayati berbagai masalah yang ada di tengah masyarakatnya. Dia juga memiliki wawasan yang luas dan menghargai berbagai perbedaan, karena pernah mengenyam pergaulan lintas daerah, bahkan lintas negara yang tidak sebentar.

Dengan kriteria-kriteria seperti itu, adalah keniscayaan bila Kota Tangerang Selatan lebih pas dan cocok dipimpin oleh tokoh dari daerahnya sendiri. Namun, ya, itu tadi: Wali Kota Tangerang Selatan juga harus punya pengalaman panjang dan wawasan luas. Apalagi, Tangerang Selatan kini telah berkembang menjadi kota kosmopolitan, kota internasional, dengan banyaknya kompleks perumahan, lembaga-lembaga pendidikan yang terafiliasi dengan lembaga-lembaga di berbagai negara lain, dan juga banyak sentra ekonominya.

Dinasti Politik

Dalam  ensiklopedia bebas Wikipedia Dinasti Politik  adalah kekuasaan yang secara turun temurun dilakukan dalam kelompok keluarga yang masih terikat dengan hubungan darah tujuannya untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan.Dengan Dinasti politik pergantian Kepemimpinan mirip Kerajaan, Sebab kekuasaan di wariskan turun temurun dari pemilik dinasti kepada ahli warisanya agar kekuasaan tetap berada di lingkungan keluarga.

keluarga yang beberapa anggotanya terlibat dalam politik terutama politik berbasis pemilihan umum (Pemilu). Anggota keluarga politik terikat lewat keturunan atau pernikahan, biasanya mencapai melibatkan beberapa generasi atau saudara umumnya dianggap bukan “keluarga politik”, tetapi keturunan akhir keluarga kerajaan turut terjun ke dunia politik monarki absolut tetapi berkuasa di negara

Di Amerika Keluarga Bush telah menghasilkan dua Presiden (George H.W. Bush dan George W. Bush, masing-masing presiden ke-41 dan 43), satu Gubernur Texas (George W. Bush), satu Gubernur Florida (Jeb Bush), satu Direktur CIA (George H.W. Bush), dan satu Senator A.S. dari Connecticut (Prescott Bush). Selain itu, ada pula pejabat penting seperti Perwakilan A.S., bankir, dan industrialis yang berasal dari keluarga Bush.

Keluarga Kennedy atau klan Kennedy merujuk kepada sebuah keluarga besar keturunan dari Joseph Patrick “Joe” Kennedy, Sr. dan Rose Elizabeth Fitzgerald yang berdarah Irlandia-Amerika. Keluarga ini berpengaruh di bidang pemerintahan dan politik Amerika Serikat terutama di Partai Demokrat. Anggota keluarga Kennedy banyak yang lulusan Universitas Harvard, dan berkontribusi untuk almamater mereka di Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy. Kekayaan, keglamoran, penampilan mereka yang rata-rata fotogenik, serta keterlibatan mereka secara terus menerus dalam politik telah mengangkat nama keluarga ini hingga mencapai status sebagai sebuah ikon lebih dari setengah abad belakangan ini. Julukan yang kadang-kadang diberikan kepada keluarga Kennedy adalah “Keluarga Kerajaan Amerika”.

Anak pertama dari Joseph P. Kennedy, Sr. adalah Joseph Patrick “Joe” Kennedy, Jr. yang diharapkan ayahnya untuk terjun di dunia politik dan menjadi presiden. Setelah Joe, Jr. tewas dalam Perang Dunia II, harapan menjadi presiden dialihkan ke putra kedua John Fitzgerald “Jack” Kennedy. Segera setelah terpilih sebagai presiden pada November 1960, Jack mengajak adik laki-lakinya, Robert Francis “Bobby” Kennedy dan Edward Moore “Ted” Kennedy untuk menempati jabatan-jabatan penting di pemerintah federal. Mereka menerima publisitas yang intens, sering kali menonjolkan penampilan mereka yang tampak muda, daya pikat, pendidikan, dan masa depan mereka di politik. Selama 64 tahun, terhitung dari tahun 1947 ketika Jack dilantik sebagai anggota Kongres hingga tahun 2011 saat Patrick Joseph Kennedy II pensiun dari Kongres, anggota klan Kennedy selalu menempati jabatan politik di Washington, D.C.

Ada juga keluarga Presiden A.S. ke-42, Bill Clinton, juga disebut sebagai dinasti. Istrinya, Hillary Clinton, adalah mantan Menteri Luar Negeri A.S. dan mantan Senator A.S. sekaligus calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat tahun 2016.Putrinya, Chelsea Clinton, adalah wartawan yang turut berkampanye ketika ibunya menjadi calon presiden tahun 2008.

Memang sebelum ada juga Presiden A.S. ke-2, John Adams, adalah bapak dari Presiden A.S. ke-6, John Quincy Adams. Presiden A.S. ke-32, Franklin D. Roosevelt, adalah sepupu kelima Presiden A.S. ke-26, Theodore Roosevelt. Istri FDR, Eleanor Roosevelt, adalah keponakan Theodore Roosevelt. Karena itu, FDR juga merupakan sepupu kelima yang terpisah satu generasi.

Di Kanada, Pierre Trudeau dan putranya, Justin Trudeau, pernah menjabat sebagai perdana menteri. Partai Front National di Prancis diketuai oleh Marine Le Pen, menggantikan bapaknya, Jean-Marie Le Pen, pada awal tahun 2011. Uhuru Kenyatta, putra dari presiden pertama Kenya, Jomo Kenyatta, menjabat sebagai presiden Kenya sejak 2013.

DINASTI LAMA & BARU BANTEN

Nah kini di Banten Keluarga Ratu Atut Ratu Atut Chosiyah (Gubernur Banten 2005–2014), suaminya Hikmat Tomet Anggota DPR 2009-14, anaknya Andika Hazrumy adalah Wakil Gubernur Banten, adik dari Andika Andiara Aprilia Hikmat adalah anggota DPD RI, Adde Rosi Khoerunnisa menantu Ratu Atut anggota DPR dan Tanto Warsono Arban menantu Wakil Bupati Pandeglang, Ada juga Tubagus Haerul Jaman adik tiri yang menjadi anggota DPR dan Ratu Tatu Chasanah adalah adik Ratu kini Bupati Serang, serta Ratu Ria Maryana adik tiri Wakil Ketua DPRD Kota Serang. Airin Rachmi Diani Walikota Tangsel Adik Ipar Ratu Atut. Betapa kuat dinasti dari Atut ini.

Dan kini di Pilkada 2020 Wakil Walkota yang paling awal menetapkan dari Golkar dan PPP untuk maju dalam Pilkada 2020 ini. Ada nama Benyamin Davnie akan berpasangan dengan adik ipar Airin Rachmi Diani  yang juga anak dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sekaligus adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiah yaitu Pilar Saga Ichsan. Benyamin Davnie adalah Wakil Bupati Tangsel. Pilar Saga Ichan memang akan menjadi nomor 2 d Tangsel. mungkin ini sama dengan Andika yang menjadi nomor 2 di Gubernur Banten. Secara khusus dinast ini menarik untuk memperpanjang waktu kedinastiannya sengaja dipasang di posisi nomor di kepala daerah. Padahal kalau dipasang sebagai nomor satu Saga sebenarnya bisa saja loh ketua Golkar Banten ibunya sendiri Ratu Tatu, dan Airin sebagai juga kan sebagai pengurus pusat Golkar, selain  masih kuat sebagai Walikota Tangsel yang akan melepas masa jabatannya pada 2021.

Atau mungkin Saga dibuat  belajar dulu jadi nomor dua dan Davnie sebagai Wakil Walikota sudah yang sudah punya jam terbang selama dua periode akan membimbingnya. Bukannya Davnie juga adalah orang kepercayaan Airin sudah sejak lama?

Bursa Pilkada Tangsel 2020 ini memang menarik ada yang muncul dinasti baru. Pasangan yang akan siap bertarung kedua adalah sudah resmi diumumkan pada Senin 20 Juli 2020, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menyebutkan bahwa Pasangan Calon Walikota Tangerang Selatan, Drs. H. Muhammad, M.Si dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

Calon Walikota Tangsel, H. Muhammad. M.Si yang saat jabatan terakhir sebagai Sekretaris Daerah Tangsel di usung oleh PDI Perjuangan dan akan berpasangan dengan Rahayu Saraswati dari Partai Gerindra. Meski nama Muhammad sempat ditolak di Tangsel karena alasannya dia bukan kader yang ada dari bawah. Nah loh.. tapi putusan DPP adalah absolut bagi para calon di Pilkada sejak adanya Pilkada dilaksanakan. Di Tangsel sendiri ada banyak kader PDI Perjuangan yang kuat, misalnya nama Arsid dan Herri Gagarin meraka adalah kader militan PDIP, namun nasib Muhammad yang Sekda dan katanya, sejumlah survei nama Muhammad unggul. Unggul kuat masuk 3 besar bersama setengah petahana yaitu Wakil Walkota yang duluan sudah ditetapkan oleh Golkar dan PPP untuk maju dalam Pilkada 2020 ini.

Nama Muhammad seperti dibilang tadi ia birokrat jabatan terakhirnya Sekda. Orang penting di struktur kepala darah tingka kota. Namun yang harus dicatat ia adalah putra daerah Tangsel. Muhammad ini menarik sebab dari sumber terpercaya mengtakan bahwa ia sering kali nyalon untuk Walikota Tangsel selama dua periode lalu dimana Airin sudah dua kali menjabat. Muhammad selalu kandas dan tak jadi maju sebagai calon Walikota sejumlah info mengatakan nama Muhammad ini sangat membumi di Tangsel. Nah pilihan PDIP jatuh sama dia mungkin kali ini diharapkan menjadikan dia menang. Kemenangan adalah harapan semua calon tentunya.

Nama Muhammad kini disandingkan Calon Wakil Walikota Tangsel Rahayu Saraswati lahir di Jakarta, 27 Januari 1986 ia adlaah Putri dari Hasjim Joyohusodo adik Prabowo Subianto, dari data yang diperoleh karier Sara tertulis pernah Co-host of Hot Indonesia The Indonesia Channel (2014-2015). Anggota DPR-RI (2014-2019). Ia juga lulusan S1, Bachelor in Classics and Drama, University Of Virginia, Charloville, Virginia, Amerika Serikat (-2005)S1, Diploma in Screen Acting Postgraduate Level, International School of Screen Acting, London, UK. (-2007). Disebutkan juga adalah seorang aktris, presenter, politikus dan sosialita sebuah sematan yang dikagumi. Rahayu Saraswati yang biasa disapa Sara, terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 di dapil Jateng IV setelah meraih suara terbanyak yaitu sebanyak 47.542 suara yang berhasil mengantarkannya ke Senayan menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra.

Dalam politik ia awali karir politik melalui organisasi sayap partai gerindra (TUNAS), Sara menjabat sebagai kepala bidang pengembangan. Di organisasi ini, kemudian membuatnya akrab dengan urusan politik hingga pada 2014. Sara mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI. Sara juga dikenal lewat aktifitasnya melawan perjual-belian orang lewat Freedom for Indonesia. Organisasi ini menyadarkan masyarakat akan bahayanya trafficking. Pada masa kerja 2014-2019, Sara menjabat pada Komisi VIII yang membidangi Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan. Nama Rahayu Saraswati inilah yang kini kemudian masuk List dinasti baru yang muncul di Tangsel Banten.

Eit nanti dulu. Ada lagi dinasti baru yang menyusul di Banten yaitu putri Wakil Presiden Maruf Amien, dimana DPP Partai Demokrat menurut informasi yang pasti telah menerbitkan surat rekomendasi untuk Siti Nur Azizah Ma’ruf  yang akan berpsangan dengan Ruhamaben sebagai pasangan calon Walikota pada Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani pada Selasa (21/07/2020). Kamhar mengatakan bahwa, surat rekomendasi tersebut selambat – lambatnya diteken dan diserahkan pada pekan ini.

“SK rekomendasi diserahkan dalam minggu ini. Karena kami pandang sudah memenuhi semua poin – poin yang harus dipenuhi, maka minggu ini akan kami serahkan,” kata Kamhar di situs MediaBantenCyber.co.id

Siti Nur Azizah yang akan maju di Pilkada Tangsel 2020 ini mengusung tagline Permata Tangsel perjalanan putri Wakil Presiden sebenarnya ASN dan dia mundur akarena akan bertarung di Pilkada. Dalam lama sitinurazizah.com perjalanan tertulis Dr. Hj. Siti Nur Azizah Ma’ruf, SH., M.Hum, lahir di Jakarta, pada 5 September 1972. Azizah adalah putri keempat pasangan KH Ma’ruf Amin dan (Alm). Hj. Siti Churiyyah. Beliau adalah Doktor di bidang hukum. Azizah juga mengajar sebagai Dosen STAI Salahudin Al Ayubi Jakarta Utara sejak 1995 sampai sekarang. Pernah bekerja sebagai PNS di Kementerian Agama RI tahun 2004 – 2019. Sejak kuliah beliau sudah aktif di berbagai organisasi. Azizah juga pernah mewakili Kemenag dalam beberapa kegiatan di tingkat internasional. Pada 2008, Azizah dipercaya melakukan promosi usaha halal Indonesia dalam kegiatan IMT-GT di Selangor, Malaysia. Ia mempresentasikan Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (RUU JPH) di forum tersebut.

Pada 1 November 2019 Siti Nur Azizah mengundurkan diri sebagai ASN di Kementrian Agama Republik Indonesia sebagai bentuk keseriusan untuk maju pada kontestasi Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020.

Nah Tangsel Banten memang menarik, kini polemik dinasti mencuat kembali selain sebagai dinasti baru juga dinasti lama masih hadir. Mana yang kuat?

Kita lihat nanti? Siapa yang akan mengantikan Wakil Walikota di Tangerang Selatan?

*)WARTAWAN SENIOR, ANALIS & PENELITI PADA PUSAT KAJIAN KOMUNIKASI POLITIK INDONESIA (PKKPI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.